Rabu, 29 Mei 2013

Metode Buy My Paper

AULIZA SYAVITRI (1101045044) PGSD 4.B 



METODE BUY MY PAPER
        
           Metode pembelajaran yang saya buat ini adalah hasil dari inovasi pemikiran saya serta dukungan rekan-rekan saya. Metode buy my paper menurut saya sangat menyenangkan bila diterapkan disekolah, terutama pada mata pelajaran ips, karena dalam model ini terdapat karakter siswa yang diharapkan dalam tujuan pembelajaran. Metode ini sangat efektif bila dijalankannya dengan konsepan yang benar-benar matang, serta tahapan-tahapan dan pembiasaan untuk guru dan siswa, walaupun memakan waktu yang tidak sedikit tetapi siswa merasakan dan menerapkan ilmu yang disampaikan secara tepat dan cepat. 

 Langkah-langkah 


1. Guru memberikan tugas yang jelas kepada siswa produk/portofolio/paper apa yang akan dihasilkan siswa. Bisa berupa kerajinan tangan, lukisan, puisi yang disesuaikan dengan tema dan materi baik individu maupun kelompok.

2. Guru menyiapkan peralatan yang dibutuhkan siswa, atau bisa juga menugaskan siswa membawa perlengkapan yang dibutuhkan untuk hari itu (dalam hal ini kita sudah bisa menilai kedisiplinan dan tanggung jawab siswa yang membawa perlengkapan) usahakan gunakan peralatan dan perlengkapan yang mudah diperoleh.

 3. Berikan waktu untuk siswa menyelesaikan tugasnya dan saat itulah guru dapat berkeliling dan mengamati proses dan menilainya (antara lain nilai kerja sama). Guru harus cermat melihat siswa yang mendapatkan kesulitan untuk membimbingnya. Saya yakin jika tugas yang diberikan sesuai dan menarik otomatis siswa akan bertanya kepada guru (mungkin sedikit berisik karena banyak siswa yang bertanya, di sini guru bisa menggunakan peraturan kelas, misalnya bila ada yang bertanya tunjukkan jari dan jika melihat sudah menunjukkan jari yang lain harus bersabar). 

4. Setelah selesai coba kita biasakan tidak langsung mengumpulkan hasil pekerjaan tapi berikan waktu kepada siswa untuk menjual hasil karyanya. Misalnya si Liza menceritakan hasil karyanya kepada guru dan teman-temannya.

 5. Guru sebaiknya bertindak Objektif dalam penilaian. Misalnya karya Liza terlihat jelek dibandingkan karya Nisa, tapi ketika menjelaskan Liza terlihat bersemangat dan memiliki alur cerita yang seru sedangkan Nisa hanya menerangkan seadanya. Disinilah guru mengetahui kemampuan si Liza punya kelebihan dalam berkomunikasi lebih baik dibanding Nisa walaupun karyanya Nisa lebih bagus. 
    

      Alasan saya membuat metode ini adalah seperti yang kita ketahui bahwa tidak mudah membuat siswa menjadi aktif terutama dalam mengemukakan pertanyaan yang mungkin siswa tidak pahami atau pun mengemukakan idenya didalam kelas. Kendalanya pasti masalah kepercayaan diri siswa, jangankan siswa kita saja kadang masih bermasalah dengan yang namanya kurang percaya diri. 
          Terkadang siswa merasa tidak perlu bertanya dan mengharapkan teman yang lain bertanya hal yang sama dengan yang ia rasakan, atau mungkin menganggap pelajaran itu membosankan sehingga membuat siswa tidak fokus terhadap apa yang sedang di terangkan oleh gurunya.
          Metode yang saya ingin share ke ibu adalah metode buy my paper atau yang sering kita kenal dengan istilah berdagang. Kita tahu yang penting dalam berdagang adalah proses bagaimana menjual atau menawarkan barang serta kualitas barang. Jika barang tersebut berkualitas tapi kita tidak bisa menjualnya maka akan rendah nilainya, begitu sebaliknya terkadang barang yang kurang baik jika dapat dipasarkan dengan baik maka bisa laku keras (bukan berarti membohongi pelanggan). 
         Metode ini menurut saya adalah metode yang bersifat kewirausahaan. Banyak orang memaknai kewirausahaan di sekolah hanya mengambil kedisiplinan, tanggung jawab, kemandirian yang menurut saya sangat sulit untuk diukur. Metode ini mengarahkan siswa agar setiap individu atau kelompok dapat menghargai hasil karyanya dan mampu menjual hasil karyanya entah dengan temannya maupun gurunya. 
 

       Fungsi dari metode ini adalah menjadikan siswa menjadi aktif, percaya diri, dan bertanggung jawab. Jika kita menerapkan metode ini ketika mengajar pastinya pembelajaran yang berlangsung akan menyenangkan walaupun perlu tahapan-tahapan dan pembiasaan untuk guru dan siswa. Insya Allah kelas menjadi rame namun berkualitas karena siswa menjadi aktif dan agar siswa menghargai karyanya sendiri.
  

       Kelebihan dari metode ini adalah membuat siswa jadi aktif, percaya diri, bertanggung jawab, dan agar setiap individu atau kelompok dapat menghargai hasil karyanya dan mampu menjual hasil karyanya entah dengan temannya maupun gurunya. 
 

      Kekurangan dari metode ini adalah kurang kondusif, memerlukan waktu yang tidak sedikit.

x

1 komentar: