Nama : DEVI KURNIALITA
NIM : 1101045064
Prodi : 4B – PGSD
Tugas : Membuat Metode pembelajaran IPS di Sekolah
Dasar
Dosen : Laely, M.pd
I.
Pendahuluan
Inovasi metode
ini yang saya berinama “ PILIH ANGKA” game ini dapat digunakan untuk semua mata
pelajaran yang ada di sekolah tetapi game ini lebih baik dan efektif di digunakan
pada saat mata pelajar IPS terutama pada pelajaran Sejarah, yang sebagian besar
siswa tidak menyukai mata pelajaran ini karena terlalu banyak materi yang harus
di pahami dan dihapalkan. Menurut saya mata pelajar IPS kalau ajarkan dengan
metode biasa saja / ceramah maka siswa akan mudah lupa maka dari itu saya
berinovasi agar mata pelajaran IPS (khusunya Sejarah) dapat menyenangkan,
disukai dan pastinya materi tersebut lebih mudah dimengerti dan dihapal. Game
ini dilaksanakan secara berkelompok, dengan berkelompok anak dapat
bekerjasaman, berdiskusi, dan saling mengingatkan. Game ini juga bertujuan agar
siswa mengingat lagi materi yang telah diajarkan, selain itu game ini melatih
imjinasi siswa untuk mengingat sejarah masa lampau.
Dalam kesempatan
ini saya akan mendemostrasikan Inovasi Metode yang saya buat sekaligus memenuhi
tugas Inovasi IPS di SD, dengan mengambil tema “Peristiwa Sekitar Proklamasi”
tema ini saya ambil dari kurikulum mata pelajaran IPS kelas 5 semester II.
Dengan mengambil contoh untuk mengaplikasikan metode yang saya buat ini, saya
sangat berharap siswa agar lebih senang dan tidak membuat bosan siswa pada mata
pelajaran ini.
Fungsi dari metode tersebut :
·
Siswa merasa senang
dengan belajar sambil bermain karena tidak ada rasa beban dan bosan dalam
menerima materi.
·
Siswa menjadi lebih
aktif dalam belajar yang akan berdampak pada bertambahnya pengetahuan siswa.
·
Siswa menjadi lebih
dekat dengan teman, karena game ini membutuhkan diskusi kelompok.
·
Siswa menjadi lebih
berani, jujur, dan bertanggung jawab dalam proses belajarnya.
Ø Kegiatan
(Langkah – langkah) metode :
Berikut
ini hal yang harus dilakukan oleh guru dan siswa saat gme ingin dilakukan
1) Guru
meminta siswa untuk membaca detail materi
2) Guru
menjelaskan secara garis besar tentang materi tersebut
3) Guru
membagikan kelas menjadi 6 kelompok, pembagian kelas ini diacak menurut
prestasi akademis dan jenis kelamin (campur)
4) Siswa
diminta duduk perkelompok
5) Guru
membacakan aturan perminan
Guru
akan menampilkan 4 buat kata kunci di setiap satu soal, melalui powerpoint.
(banyaknya
soal dapat disesuaikan dengan materi, dan waktu yang tersedia. Dalam tugas ini
saya memberi 15 contoh soal yang dapat digunakan dalam game ini,
untuk
memilih nomer berapa saja yang harus dijawab perkelompok, guru menyiapkan
sebuat tabung kecil yang berisikan nomer 1 sampai 15. Kotak tersebut dioper
persiswa dengan diiringi musik, jika musik tersebut berhenti disalah satu
siswa, makan siswa tersebut harus mengambil 1 kertas yang berisikan nomer dan
nomer yang diambil itu berarti nomer soal yang harus dijawab oleh siswa dan
anggota kelompoknya tersebut.
*soal dalam game ini bukan berbentuk
dalam pertanyaan tetapi dalam bentuk kata kunci,
( dapat dilihat di powerpoint ) dalam 1
soal terdapat 4 buah kata kunci untuk menjawabnya tetapi setiap kata kunci yang
muncul guru memberikan skor yang berbeda. Maksudnya jika baru satu kata kunci
yang dibuka lalu siswa dapat langsung menjabnya maka kelompok tersebut diperi
poin 50. Berikut ketentuan skor soal:
Bila 2 kata kunci : 40 poin
Bila 3 kata kunci : 30 poin
Bila 4 kata kunci : 20 poin
Untuk kelompok yang tidak dapat menjaab
maka soal tersebut dapat di lempar kepada kelompok lain dengan cara kelompok
lain menunjuk tangan terlebih dahulu, dan jika kelompok salah menjawab maka akan
dikurangi 5 poin,
*Setiap
soal dijawab tugas siswa lain adalah mencatatnya di buku tulis masing-masing
6) Setelah itu nomer yang sudah diambil
tidak boleh dimasukan kembali ke tabung tersebut.
*Lakukan hal yang sama hingga semua soal
dapat terjawab.
7) Pemenang ditentukan setelah
menghitung jumlah skor yang didapatkan masing-masing kelompok. Pemenang akan diberi
reward dan nilai tambahan pada mata pelajaran tersebut oleh guru.
Keuntungan dari metode tersebut :
·
Pembelajaran menjadi
lebih menarik dan membuat siswa gembira
·
Minat peserta didik
akan bertambah aktif
·
Alat dan bahannya mudah
dibawa
·
Semua siswa mempunyai
catatan lengkap tentang materi
Kelemahan dari metode tersebut :
·
Guru harus menyiapkan
waktu khusus untuk membuat soal dalam bentuk Powerpoint
·
Apabila listrik mati,
game ini tidak dapat dijalankan secara maksimal
oke,,makasih ya..
BalasHapus