Rabu, 12 Juni 2013

pilih angka

Nama  : DEVI KURNIALITA
NIM    : 1101045064
Prodi   : 4B – PGSD
Tugas  : Membuat Metode pembelajaran IPS di Sekolah Dasar
Dosen  : Laely, M.pd

I.                   Pendahuluan
Inovasi metode ini yang saya berinama “ PILIH ANGKA” game ini dapat digunakan untuk semua mata pelajaran yang ada di sekolah tetapi game ini lebih baik dan efektif di digunakan pada saat mata pelajar IPS terutama pada pelajaran Sejarah, yang sebagian besar siswa tidak menyukai mata pelajaran ini karena terlalu banyak materi yang harus di pahami dan dihapalkan. Menurut saya mata pelajar IPS kalau ajarkan dengan metode biasa saja / ceramah maka siswa akan mudah lupa maka dari itu saya berinovasi agar mata pelajaran IPS (khusunya Sejarah) dapat menyenangkan, disukai dan pastinya materi tersebut lebih mudah dimengerti dan dihapal. Game ini dilaksanakan secara berkelompok, dengan berkelompok anak dapat bekerjasaman, berdiskusi, dan saling mengingatkan. Game ini juga bertujuan agar siswa mengingat lagi materi yang telah diajarkan, selain itu game ini melatih imjinasi siswa untuk mengingat sejarah masa lampau.
Dalam kesempatan ini saya akan mendemostrasikan Inovasi Metode yang saya buat sekaligus memenuhi tugas Inovasi IPS di SD, dengan mengambil tema “Peristiwa Sekitar Proklamasi” tema ini saya ambil dari kurikulum mata pelajaran IPS kelas 5 semester II. Dengan mengambil contoh untuk mengaplikasikan metode yang saya buat ini, saya sangat berharap siswa agar lebih senang dan tidak membuat bosan siswa pada mata pelajaran ini.
Fungsi dari metode tersebut :
·         Siswa merasa senang dengan belajar sambil bermain karena tidak ada rasa beban dan bosan dalam menerima materi.
·         Siswa menjadi lebih aktif dalam belajar yang akan berdampak pada bertambahnya pengetahuan siswa.
·         Siswa menjadi lebih dekat dengan teman, karena game ini membutuhkan diskusi kelompok.
·         Siswa menjadi lebih berani, jujur, dan bertanggung jawab dalam proses belajarnya.
Ø  Kegiatan (Langkah – langkah) metode  :
Berikut ini hal yang harus dilakukan oleh guru dan siswa saat gme ingin dilakukan
1)      Guru meminta siswa untuk membaca detail materi
2)      Guru menjelaskan secara garis besar tentang materi tersebut
3)      Guru membagikan kelas menjadi 6 kelompok, pembagian kelas ini diacak menurut prestasi akademis dan jenis kelamin (campur)
4)      Siswa diminta duduk perkelompok
5)      Guru membacakan aturan perminan
Guru akan menampilkan 4 buat kata kunci di setiap satu soal, melalui powerpoint.
(banyaknya soal dapat disesuaikan dengan materi, dan waktu yang tersedia. Dalam tugas ini saya memberi 15 contoh soal yang dapat digunakan dalam game ini,
untuk memilih nomer berapa saja yang harus dijawab perkelompok, guru menyiapkan sebuat tabung kecil yang berisikan nomer 1 sampai 15. Kotak tersebut dioper persiswa dengan diiringi musik, jika musik tersebut berhenti disalah satu siswa, makan siswa tersebut harus mengambil 1 kertas yang berisikan nomer dan nomer yang diambil itu berarti nomer soal yang harus dijawab oleh siswa dan anggota kelompoknya tersebut.
Ini adalah contoh nomer dan tabung yang dioper


*soal dalam game ini bukan berbentuk dalam pertanyaan tetapi dalam bentuk kata kunci,
( dapat dilihat di powerpoint ) dalam 1 soal terdapat 4 buah kata kunci untuk menjawabnya tetapi setiap kata kunci yang muncul guru memberikan skor yang berbeda. Maksudnya jika baru satu kata kunci yang dibuka lalu siswa dapat langsung menjabnya maka kelompok tersebut diperi poin 50. Berikut ketentuan skor soal:
Bila 1 kata kunci : 50 poin
Bila 2 kata kunci : 40 poin
Bila 3 kata kunci : 30 poin
Bila 4 kata kunci : 20 poin
Untuk kelompok yang tidak dapat menjaab maka soal tersebut dapat di lempar kepada kelompok lain dengan cara kelompok lain menunjuk tangan terlebih dahulu, dan  jika kelompok salah menjawab maka akan dikurangi 5 poin,

*Setiap soal dijawab tugas siswa lain adalah mencatatnya di buku tulis masing-masing

6) Setelah itu nomer yang sudah diambil tidak boleh dimasukan kembali ke tabung tersebut.

*Lakukan hal yang sama hingga semua soal dapat terjawab.

7) Pemenang ditentukan setelah menghitung jumlah skor yang didapatkan masing-masing kelompok. Pemenang akan diberi reward dan nilai tambahan pada mata pelajaran tersebut oleh guru.

        Keuntungan dari metode tersebut :
·         Pembelajaran menjadi lebih menarik dan membuat siswa gembira
·         Minat peserta didik akan bertambah aktif
·         Alat dan bahannya mudah dibawa
·         Semua siswa mempunyai catatan lengkap tentang materi
            Kelemahan dari metode tersebut :
·         Guru harus menyiapkan waktu khusus untuk membuat soal dalam bentuk Powerpoint
·         Apabila listrik mati, game ini tidak dapat dijalankan secara maksimal




1 komentar: