Kamis, 13 Juni 2013

GROUP RESUME METHOD



INOVASI PEMBELAJARAN IPS DI SD


Nama       : Hasanudin
NIM          : 1101045129
Kelas        : 4D / PGSD




UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2013




GROUP RESUME METHOD

1.         Penjelasan
Biasanya sebuah resume menggambarkan hasil yang dicapai oleh individu. Resume ini akan menjadi menarik untuk dilakukan dalam sebuah group dengan tujuan membantu peserta didik menjadi lebih akrab dan melakukan team building (kerjasama kelompok) yang anggotanya sudah saling mengenal sebelumnya.
Metode pembelajaran ini dapat dilakukan di beberapa mata pelajaran seperti PKn, IPA, dan IPS. Dalam mata pelajaran IPS, saya menerapkan metode ini untuk materi Globalisasi pada kelas VI semester II. Materi globalisasi mencakup banyak bahasan, diantaranya : pengertian, teknologi, pakaian, makanan, gaya hidup, tradisi, alat komunikasi, sarana transportasi, dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat modern dan masyarakat tradisional, serta nilai-nilai budaya.
Metode Group Resume cocok diterapkan pada kelas tinggi (IV, V, dan VI). Metode ini melatih siswa untuk mengamati perubahan-perubahan dan bekerja sama dalam kelompok.
2.       Langkah-langkah Pembelajarannya
1)             Guru membagi kelompok yang anggotanya 3-4 siswa yang heterogen.
2)             Guru menjelaskan maksud dari pembagian kelompok yaitu kelompok diberi tugas untuk mengamati bukan mencari (browsing atau open book) hal-hal yang dicakup dalam materi globalisasi dengan pembagian materi sebagai berikut :
Ø Kelompok 1     : Pengertian globalisasi menurut pendapat masing-masing
  (bukan pendapat para ahli ataupun dari sumber buku)
Ø Kelompok 2     : Teknologi
Ø Kelompok 3     : Pakaian
Ø Kelompok 4     : Makanan
Ø Kelompok 5     : Gaya hidup
Ø Kelompok 6     : Tradisi
Ø Kelompok 7     : Alat komunikasi
Ø Kelompok 8     : Sarana Transportasi
Ø Kelompok 9     : Dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat modern
  dan masyarakat tradisional
Ø Kelompok 10   : Nilai-nilai budaya dan moral
3)             Setiap kelompok ditunjuk satu orang untuk menjadi ketua kelompok
4)             Ketua kelompok membagi tugas masing-masing untuk mencari materi yang telah ditetapkan dan ditulis dalam sebuah kertas/folio.
5)             Jawaban dari semua anggota dikumpul dan dijadikan sebuah resume hasil pengamatan kelompok
6)             Ketua kelompok disatukan dengan ketua kelompok lainnya untuk menjadi TIM AHLi dalam meresume kembali semua hasil resume dari kelompok-kelompok.
7)             Dari Tim Ahli tersebut ditunjuk satu orang untuk mempresentasikan hasil resume globalisasi secara lengkap
8)             Guru mengkoreksi hasil jawaban siswa-siswa dengan metode umum yaitu ceramah

3.       Kelebihan dan Kekurangan Metode Group Resume
Kelebihan
1)             Metode ini mengajarkan siswa untuk tidak selalu mencari jawaban secara instan melainkan dengan melakukan pengamatan baik secara langsung maupun tidak langsung.
2)             Metode ini mengajarkan siswa untuk belajar bekerja sama dalam sebuah kelompok/group dalam memecahkan masalah.
Kekurangan
1)             Meskipun dilakukan dengan berkelompok, namun tugas lebih banyak dibebankan kepada ketua kelompok
2)             Tidak adanya daya saing dalam metode ini





2 komentar: