INOVASI PEMBELAJARAN IPS
DI SD
Nama :
Hasanudin
NIM :
1101045129
Kelas : 4D / PGSD
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2013
GROUP RESUME METHOD
1. Penjelasan
Biasanya
sebuah resume menggambarkan hasil yang dicapai oleh individu. Resume ini akan
menjadi menarik untuk dilakukan dalam sebuah group dengan tujuan membantu
peserta didik menjadi lebih akrab dan melakukan team building (kerjasama kelompok) yang anggotanya sudah saling
mengenal sebelumnya.
Metode
pembelajaran ini dapat dilakukan di beberapa mata pelajaran seperti PKn, IPA,
dan IPS. Dalam mata pelajaran IPS, saya menerapkan metode ini untuk materi
Globalisasi pada kelas VI semester II. Materi globalisasi mencakup banyak
bahasan, diantaranya : pengertian, teknologi, pakaian, makanan, gaya hidup,
tradisi, alat komunikasi, sarana transportasi, dampak positif dan dampak
negatif bagi masyarakat modern dan masyarakat tradisional, serta nilai-nilai budaya.
Metode
Group Resume cocok diterapkan pada kelas tinggi (IV, V, dan VI). Metode ini
melatih siswa untuk mengamati perubahan-perubahan dan bekerja sama dalam
kelompok.
2. Langkah-langkah
Pembelajarannya
1)
Guru
membagi kelompok yang anggotanya 3-4 siswa yang heterogen.
2)
Guru
menjelaskan maksud dari pembagian kelompok yaitu kelompok diberi tugas untuk
mengamati bukan mencari (browsing atau open book) hal-hal yang dicakup dalam
materi globalisasi dengan pembagian materi sebagai berikut :
Ø Kelompok 1 : Pengertian globalisasi menurut pendapat masing-masing
(bukan pendapat para ahli ataupun dari sumber buku)
Ø Kelompok 2 : Teknologi
Ø Kelompok 3 : Pakaian
Ø Kelompok 4 : Makanan
Ø Kelompok 5 : Gaya hidup
Ø Kelompok 6 : Tradisi
Ø Kelompok 7 : Alat komunikasi
Ø Kelompok 8 : Sarana Transportasi
Ø Kelompok 9 : Dampak positif dan dampak negatif bagi masyarakat modern
dan
masyarakat tradisional
Ø Kelompok 10 : Nilai-nilai budaya dan moral
3)
Setiap
kelompok ditunjuk satu orang untuk menjadi ketua kelompok
4)
Ketua
kelompok membagi tugas masing-masing untuk mencari materi yang telah ditetapkan
dan ditulis dalam sebuah kertas/folio.
5)
Jawaban
dari semua anggota dikumpul dan dijadikan sebuah resume hasil pengamatan
kelompok
6)
Ketua
kelompok disatukan dengan ketua kelompok lainnya untuk menjadi TIM AHLi dalam
meresume kembali semua hasil resume dari kelompok-kelompok.
7)
Dari
Tim Ahli tersebut ditunjuk satu orang untuk mempresentasikan hasil resume
globalisasi secara lengkap
8)
Guru
mengkoreksi hasil jawaban siswa-siswa dengan metode umum yaitu ceramah
3. Kelebihan
dan Kekurangan Metode Group Resume
Kelebihan
1)
Metode
ini mengajarkan siswa untuk tidak selalu mencari jawaban secara instan
melainkan dengan melakukan pengamatan baik secara langsung maupun tidak
langsung.
2)
Metode
ini mengajarkan siswa untuk belajar bekerja sama dalam sebuah kelompok/group
dalam memecahkan masalah.
Kekurangan
1)
Meskipun
dilakukan dengan berkelompok, namun tugas lebih banyak dibebankan kepada ketua
kelompok
2)
Tidak
adanya daya saing dalam metode ini
oke,,trimakasih ya.
BalasHapusIni ada bukunya ga ? apa judul nya dan beli dimana ?. Terima kasih
BalasHapus