Nama : Desy Permatasari
NIM : 1101045062
Prodi : 4B – PGSD
Tugas : Membuat Metode / media pembelajaran IPS di
Sekolah Dasar
Dosen : Laely, M.pd
I.
Pendahuluan
Dalam membuat
Metode Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar saya menggunakan Microsoft office
powerpoint 2007. Dengan keterangan KD dan Indikator sebagai berikut:
Kompetensi Dasar :
- Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya di Indonesia.
Indikator
:
- Mengidentifikasi
keragaman budaya yang terdapat di Indonesia.
- Mengembangkan
sikap menghormati budaya di Indonesia.
Saya membuat materi ajar IPS untuk kelas 5 semester
I pada Ms.Powerpoint 2007 membahas tentang Keanekaragaman Suku Bangsa dan Budaya di
Indonesia. Saya menampilkan nama – nama suku yang mendiami pulau –
pulau di Indonesia, saya juga menampilkan gambar rumah adat, pakaian adat, dll
pada masing – masing provinsi di Indonesia. Supaya lebih menarik motivasi siswa
dalam belajar, tentunya dibarengi dengan pilihan warna yang bagus. Saya juga
membuat ide kuis “Who Wants To Be A Smart Student”, supaya siswa lebih aktif
dalam belajar dan mudah mencerna pelajaran yang disampaikan.
II.
Pembahasan
Setelah siswa diberikan materi oleh guru tentang
Topik diatas, kemudian siswa diajak belajar sambil bermain dengan metode yang
saya pakai yakni membuat kuis / games yang dikemas menjadi lebih spektakuler
yakni kuis “Who Wants To Be A Smart Student”.
Fungsi dari metode tersebut :
·
Siswa merasa senang
dengan belajar sambil bermain karena tidak ada rasa beban dan bosan dalam
menerima materi.
·
Siswa menjadi lebih
aktif dalam belajar yang akan berdampak pada bertambahnya pengetahuan siswa.
·
Siswa menjadi lebih
dekat dengan guru, karena seorang guru harus mempelajari karakteristik
siswanya.
·
Siswa menjadi lebih
berani, jujur, dan bertanggung jawab dalam proses belajarnya.
Langkah – langkah membuat metode tersebut :
Untuk membuat materi terlebih dahulu kita
mengumpulkan gambar – gambar seperti gambar pakaian adat, tarian daerah,
senjata tradisional dari setiap provinsi, dan Peta Indonesia. Setelah itu
dibuatlah power point untuk materi IPS, dengan memadukan fitur hyperlink.
·
Cara membuat materi:
1. Membuat
slide utama dan slide pendukung yang saling terhubung. Isi slide utama yaitu
gambar 5 Pulau Besar Indonesia. Fungsi slide utama tersebut untuk memanggil
konten – konten yang ada di slide pendukung yang berisi gambar – gambar
kebudayaan setiap provinsi.
2. Pada
Slide Utama Pulau Sumatera klik kanan – Hyperlink – Pilih Exsisting File Or Web
Page – Current Folder – Pada Combo Box pilih folder tempat file slide pendukung
yang dituju – Ok.
3. Dan
seterusnya…
·
Cara membuat KUIS:
1. Download
Template Kuis yang sudah tersedia di Internet
2. Ubah
template tersebut sesuai materi yang telah ditentukan yakni berisi pertanyaan
dan pilihan jawaban yang dipadukan dengan hyperlink.
3. Untuk
setiap pilihan saya memakai hyperlink, contohnya pada soal no.1 jawaban yang
benar A, jadi kita klik kanan pada table pilihan yang benar, kemudian pilih
hyperlink, pilih file slide yang saya buat sebelumnya, OK.
4. Dan
seterusnya….
Keuntungan dari metode tersebut :
·
Pembelajaran menjadi
lebih menarik
·
Minat peserta didik
terhadap materi menjadi luar biasa interaktif dan aktif
·
Bisa dipadukan dengan
video atau jenis ekstensi lainnya melalui hyperlink
·
Kelas dapat dikontrol
dengan mudah
·
Alat dan bahannya mudah
dibawa
·
Siswa diminta mencatat
soal dan jawaban yang benar supaya kelas tertib
Kelemahan dari metode tersebut :
·
Guru harus menyiapkan
secara rinci pengaturan slide yang tentu sedikit menyita waktu
·
Perlu kecermatan untuk
membuat slide dan hyperlink
·
Apabila listrik mati,
strategi ini tidak dapat dijalankan
·
Rentan terkena virus, pertanyaan
terbatas, dan perlu waktu untuk menyiapkan alat dan bahan
WEB Materi :
http://www.slideshare.net/anakkedua/materi-ips-kelas-v-sd
WEB WHO WANTS TO BE A SMART:
http://www.slideshare.net/anakkedua/who-wants-to-be-a-smart-student
oke,,makasih ya.
BalasHapus